Al-Amien Prenduan, TMI-Pagelaran Acara Launching Kelompok Minat (Sabtu, 26/06) di lingkungan Ma’had TMI itu bernama Grand Launching Optional Competence (al-kafaat al-ikhtiyariyah, Arab, red). Pagelaran acara ini diadakan  bertujuan untuk memperkenalkan sejumlah kelompok minat (Kompetensi Pilihan, Red) yang sudah ada di lingkungan Ma’had TMI kepada para santri baru yang notabene masih belum turut berkecimpung di dalamnya.

“Alhamdulillah, meskipun serangkaian kegiatan Perlantasi baru saja ditutup kemarin malam, kami akan terus secara bertahap memperkenalkan apa-apa yang dimiliki TMI ini, yang perlu diketahui dan diikuti oleh seluruh santri, termasuk para santri baru.” Tutur KH. Ghozi, selaku pengasuh Ma’had TMI sekaligus penggagas dari terselenggaranya acara launcing ini.

Dalam fatwa nasihat yang disampaikan pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan beberapa hal penting terkait keharusan bagi seluruh santri TMI untuk berperan aktif dalam mengelola potensi yang dimiliki, dengan memanfaatkan kelompok-kelompok minat yang sudah tersedia di lingkungan Ma’had TMI.

Beliau memandang bahwa keikutsertaan santri dalam kelompok-kelompok minat pilihan ini (kompil) bertujuan membantu mengarahkan para santri untuk mengetahui, memahami, serta menyadari setiap potensi diri yang dianugerahkan Allah SWT kepadanya, di samping memberikan kesempatan santri untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya sesuai bakat dan minat masing-masing ke tingkat yang paling maksimal. Hal demikian senada dengan bunyi salah satu butir visi pondok dan sebagaimana tertera dalam Buku Pedoman Kompil, yakni mencetak generasi muda muslim multiterampil yang siap menjadi kader ulama dan mundzirul qaum.

Adapun jenis Kompil di TMI Al-Amien Prenduan ditetapkan berdasar asas kebutuhan, kelayakan, kemanfaatan, relevansi, serta kemudahan dan kesiapan implementasinya. Dalam Buku Pedoman Kompil, tercatat ada 6 jenis Kompil yang dikembangkan di TMI Al-Amien Prenduan, antara lain;

  1. Bidang edukasi dan keilmuan, yang meliputi Kajian Tafsir, Hadits, serta kursus-kursus keilmuan di bidang agama dan umum lainnya
  2. Bidang bahasa dan kepenulisan, yang meliputi Kursus-kursus Kebahasaan (Bahasa Arab, Inggris, dsb) dan kursus-kursus kepenulisan (SSA, KIR, KJMA, dsb)
  3. Bidang Olahraga, yang meliputi berbagai macam cabang olahraga hingga kelompok khusus memanah
  4. Bidang Kesenian, yang meliputi Kelompok-kelompok seni seperti Kelompok Tetaer, Kaligrafi, Melukis, dsb.
  5. Bidang Keterampilan dan Teknologi, yang meliputi Kelompok-kelompok Desain Grafis, Fotografı, Videografi, dsb.
  6. Bidang Kepramukaan dan Lingkungan Hidup, yang meliputi Resus (Regu Khusus) dan Sansus (Sangga Khusus), Kopass Alpend (Komando Pasukan Khusus Al-Amien Prenduan), Saka Bayangkara, dsb.

“Silahkan ikuti kelompok-kelompok minat yang sudah ada ini, tekuni bakat antum dengan sungguh-sungguh hingga mencapai tingkat yang paling optimal. Untuk setahun ke depan, silahkan antum fokus pada pengembangan diri dan pengasahan bakat antum. InsyaAllah kami siap menyediakan semua fasilitas yang antum butuhkan.” Tegas beliau disambut antusias para santri dan asatidz yang turut menghadiri acara bertempat di Gedung Puspagatra itu. Acara yang dihadiri langsung oleh pengasuh dan didampingi oleh Mudir ‘Aam TMI serta Mudir Ma’had Putra dan Mudir Marhalah Tsanawiyah itu, juga diwarnai dengan beberapa penampilan khusus persembahan dari kelompok minat yang ada, dan alhamdulillah berlangsung cukup meriah serta berjalan dengan singkat. (Az)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.