Rapat Guru Lengkap (RGL) menjelang Ujian Syafahi (Lisan) yang dilaksanakan pada hari Kamis 22 Oktober 2020 berlangsung dalam suasana berduka setelah wafatnya Pimpinan PP. Darussalam Gontor, Alm. KH Abdullah Syukri Zarkasy.

Dalam kesempatan ini Majlis Kyai yang hadir, yakni KH. Dr. Ghozi Mubarok Idris dan KH. Moh. Zainullah Rois mengajak asatidz yang hadir untuk turut mendoakan beliau serta mengenang dan meneladani jasa-jasa beliau.

Dalam sambutan beliau, Pengasuh Ma’had TMI KH. Moh. Zainullah Rois mewanti-wanti akan diangkatnya ilmu dari dunia ini dengan wafatnya para ulama, maka beliau mengingatkan tentang pentingnya proses kaderisasi dan regenerasi, itulah yang sedang dilakukan Al-Amien Prenduan sebagai lembaga pencetak kader pemimpin umat. “Antum berusaha untuk menjadi alim dan alimah, kita mendidik santri-santri kita untuk menjadi calon-calon ulama di masa depan, sehingga akan terus ada regenerasi.” tegas beliau.

Senada dengan apa yang disampaikan Pengasuh, KH. Dr. Ghozi Mubarok Idris juga menambahkan bahwa untuk mengantisipasi ketiadaan figur adalah dengan terus membangun dan membenahi sistem pendidikan yang ada. “Kita Sadari sejak dahulu bahwa ketika figur-figur yang hebat itu telah pergi, maka kita membutuhkan sistem yang yang semakin kokoh semakin kuat. Karena sistem yang kokoh dan kuat itu bisa menggantikan ketergantungan kita kepada satu atau dua figur.”

Di akhir sambutan beliau, beliau mengajak para guru untuk mempersiapkan ujian ini sebaik mungkin “Siapkan diri untuk menghadapi ujian ini. Lakukan tugas dengan baik. Ingat betul bahwa sekecil apapun pekerjaan yang Antum lakukan itu besar bagiannya bagi upaya untuk membangun, melestarikan, dan menyempurnakan sistem Pendidikan di Pondok kita ini.” pungkas beliau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.