Acara Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri (KKS) menjadi rentetan kegiatan yang rutin dilaksanakan di TMI Al-Amien Prenduan, khususnya untuk ketua-ketua kelompok wajib dan pilihan.

Mudir Ma’had TMI Putra tepat pada hari Jum’at, 24 Juli 2020 membuka secara resmi acara Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri. Dalam sambutanya Kiai Abdul Warits berharap rutinitas acara ini terus berkelanjutan sampai kapan pun, tak hanya itu, beliau juga menaruh cita-cita besar dalam pelaksanaan acara Diklat KKS ini bisa menanungi cita-cita besar TMI Al-Amien Prenduan, yang dalam visi misi nya mencetak kader mundzirul qoum dan muttafaquh fiddien.

Mudir Ma’had TMI Putra, K. Abdul Warits, S.Pd.I menyampaikan materi dalam acara Diklat KKS

“Acara ini, merupakan rutinitas yang setiap waktu dilaksanakan di pondok kita, semua ini menjadi ikhitar TMI untuk bisa mencetak kader-kader pemimpin terbaik di masa-masa yang akan datang,” pesan Mudir Ma’had dalam acara pembukaan.

Senada dengan hal itu, salah satu instruktur atau pemateri dalam acara Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri (KKS) yaitu Ust. H. Abdul Qadir Jailani menyampaikan dihadapan para peserta Diklat KKS untuk tidak menyia-nyiakan jalanya acara Diklat Kepemimpinan ini.

Ia mengungkapkan bahwa Diklat ini merupakan pondasi awal dalam meletakan dasar-dasar kepemimpinan kepada seluruh santri. “Tujuan terlaksananya acara ini menjadi bagian untuk meletakan dasar-dasar kepemimpinan kepada antum semua (peserta KKS), agar dalam jangka waktu 10 tahun, 20 tahun yang akan antum akan menjadi sosok pemimpin yang mempunyai kapabilitas yang unggul sebagai generasi penerus masa depan,” nasehat Ust. H. Abdul Wadir Jailani, M.Pd.I Mudir Marhalah Tsanawiyah TMI Putra dalam sesi ke III acara Diklat KKS.

Acara ini diikuti sebanyak 350 santri, yang mana peserta KKS ini merupakan ketua dan wakil ketua di semua ekosistem kelompok santri yang ada di TMI Al-Amien Prenduan. Kelompok tersebut terdiri dari Kelas, Kamar, Dapur, Regu dan Pasus Pramuka, Konsulat, Kelompok Minat dan Kelompok Muhadlaroh.

Rentetan acara kegiatan KKS ini terdiri dari penyampaian materi-materi dan praktek kepemimpinan yang telah disusun sedemikian rupa.

Materi I yakni, Pengertian Dasar Kepemimpinan / Manajemen meliputi pembahasan mengenai hakekat kepemimpinan dan manajemen, dan tugas kewajiban pemimpin / manajemen.  Materi II mengenal kelompok santri di TMI Al-Amien Prenduan, Jenis-jenis Kelompok Santri, Hirarki Keorganisasian Kelompok Santri (Eksternal).  Materi III mengenal tantangan dan peluang.  Materi IV yaitu program-program kelompok santri.

Praktek kepemimpinan meliputi, cara bagaimana meyakinkan anggota dan melakukan tawashi’, pelaksanaan tata warkat, menyusun proposal, menyampaikan jurnal, dan inventaris, serta memimpin apel. (QA/28/7)

sumber https://qa.tmial-amien.sch.id/index.php/2020/07/28/laksanakan-diklat-kks-momentum-cetak-kader-pemimpin-terbaik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.