Usai pelaksanaan serentetan acara Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen (PKM) yang sudah berjalan dalam kurun tiga hari berturut-turut (3-5/12) dan dibuka langsung oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-AmienPrenduan, Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, MA., malam ini (Jum’at, 7/12) telah dibuka kembali serentetan acara tahunan lainnya yang akan berjalan selama sembilan hari ke depan, yakni Musyawarah Tahunan 2018 (MUSTA).

Musyawarah Tahunan (MUSTA) sebagaimana telah pengasuh Ma’had TMI KH. Moh. Zainullah Rois, Lc. tegaskan, bahwa ia (Musta, read) memiliki peran yang sangat penting bagi para santri sekalian. Karena selain sebagai sebuah media pendidikan, serentetan acara yang dirangkum dalam Musyawarah Tahunan (MUSTA) ini juga mengandung unsur pendidikan lainnya, yang sudah pondok kita canangkanbahkan sejak awal didirikannya, yakni, pendidikan kemasyarakatan.

“Malam ini, suasana kehidupan bermasyarakat terasa amat  sangat kental. Acara pun berjalan dengan amat sangat tertib. Sudah sering saya sampaikan pada beberapa kesempatan bahwa, pendidikan yang selama ini pondok kita canangkan adalah pendidikan kemasyarakatan,” ungkap beliau pada pembukaan fatwanya malam itu, disambut dengan antusias dari para santri yang cukup signifikan.

Selain dari pada itu, dalam fatwa yang disampaikannya, beliau juga mengajak para santri agar senantiasa berperan aktif dalam mengikuti serangkaian acara tersebut. Karena selain dari pendidikan kemasyarakatan yang akan didapatkan, melalui acara ini pula sejatinya kita akan mendapatkan manfaat yang cukup besar, terutama bagi perkembangan pondok kita di masa akan datang.

“Maka dari itu, untuk mendapatkan manfat dan faedah yang utuh dari acara yang akan berlangsung selama sembilan hari ke depan ini, silahkan ikuti semua kegiatan yang ada dengan penuh ikhlas. Karena selain unsur pendidikan yang akan kamu dapatkan, secara tidak langsung kamu juga telah berperan aktif dalam membangun harapan pondok ke depan, agar dapat berkembang dan maju lebih baik lagi,” ungkap beliau, di akhir sesi fatwa yang disampaikannya pada acara pembukaan MUSTA 2018, yang dilaksanakan di aula TMI itu.

Tepat pada pukul 20.45 WIB, acara yang didampingi oleh staf Majelis Permusyawaratan Organtri (MPO) dan barisan para mudir beserta staf guru TMI lainnya itu, diakhiri dengan doa terpimpin oleh Mudir Ma’had TMI, K. Abdul Warits, S.Pd.I,. (Az)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.